Wednesday, February 1, 2012

Materi Bab I Statistik I


Statistika  adalah ilmu mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.
            Statistik adalah suatu kumpulan angka yang tersusun lebih dari satu angka yang menerangkan suatu masalah, baik yang sudah tersusun di dalam daftar-daftar yang teratur atau grafik-grafik maupun yang belum.
            Statistika Deskriptif adalah metode statistika yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi.
             Statistika Induktif adalah metode yang digunakan untuk mengetahui tentang sebuah populasi berdasarkan suatu sampel atau contoh dengan menganalisis dan menginterprestasikan data menjadi sebuah kesimpulan.
             Pengertian Populasi dan Sampel. Populasi adalah sebuah kumpulan dari semua kemungkinan orang-orang, benda-benda dan ukuran lain dari objek yang menjadi perhatian. Sampel adalah suatu bagian dari populasi tertentu yang menjadi perhatian.
             Jenis-jenis Variabel
a.    Variabel kualtiatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data kualitatif, data bukan berupa angka.
b.    Variabel kuantitatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data kuantitatif, data berupa angka. 

Data
Data berasal dari bahasa latin yang berarti keterangan atau kumpulan keterangan.
Kata data digunakan dalam bentuk jamak, sedangkan arti tunggalnya adalah Datum.
Jenis Data
a.    Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian.
b.    Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang sudah dipublikasikan. 

Sumber Data
Data sekunder dapat diperoleh dari sumber data seperti BPS, Bank Indonesia, majalah, jurnal, atau melihat dari website yang ada.
Data primer diperoleh dengan wawancara langsung, wawancara tidak langsung dan pengiriman kuisioner. 

Skala Pengukuran
a.         Skala nominal adalah angka yang diberikan kepada obyek mempunyai arti sebagai label saja, dan tidak menunjukkan tingkatan apa-apa.
b.         Skala ordinal adalah  angka yang diberikan di mana angka- angka tersebut mengandung pengertian tingkatan.
c.         Skala interval adalah suatu skala  pemberian angka  pada obyek yang mempunyai sifat ukuran ordinal dan mempunyai jarak atau interval yang sama.
d.         Skala rasio adalah skala yang memiliki nilai nol dan  rasio  dua nilai yang memiliki arti.

No comments: